Penjelasan lengkap tentang sablon DTG

 Penjelasan lengkap tentang sablon DTG

Penjelasan lengkap tentang sablon DTG

Sablon DTG atau Direct To Garment merupakan salah satu jenis sablon yang menggambarkan perkembangan teknologi alasannya. sangat simpel karna proses pengerjaan sablon dtg tidak ada campur tangan dari tenaga manusia alias di buat oleh mesin.

Salah satu kelebihan dari sablon ini ialah pembuatannya yang 100% dikerjakan oleh mesin yang dimana prosesnya tak perlu menguras tenaga banyak banyak dan pengerjaannya pun juga lumayan cepat serta rapih.

Artikel terkait : penjelasan lengkap tentang sablon plastisol

Meski di buat oleh mesin kualitas dari jenis sablon yang satu ini jangan di remehkan, namun ada di setiap jenis sablon pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing tak terkecuali sablon dtg ini. Supaya bisa mengenal lebih jauh tentang sablon ini saya telah merangkum hal hal penting tentang sablon dtg.

Penjelasan lengkap sablon DTG

Keunggulan sablon DTG

1.Pengerjaan yang cepat

Seperti yang sudah di ketahui di atas. bahwa proses pembuatan sablon dtg menggunakan mesin, oleh karna itu pengerjaannya juga lebih cepat dibanding dengan sablon jenis lain yang biasanya membutuhkan waktu hingga berhari hari, sangat jauh berbeda dengan sablon dtg yang pengerjaannya hanya memerlukan waktu dari 20-30 menitan saja.

2.Sablon full color

Karna di buat dengan mesin, mesin cetak sablon ini bisa membuat beragam bentuk, jenis serta warna sesuka hati dan hasilnya pun sangat rapih dan sesuai dengan yang di inginkan. Bahkan desain yang sangat rumit dengan warna gradasi pun bisa di lakukan.

3.Hasil yang berkualitas

Meski dikerjakan oleh mesin, kualitas dari sablon dtg ini jangan kalian remehkan karna hasil dari sablon ini sangatlah bagus dengan hasil yang halus, rapih serta menyerap ke serat kain yang membuat sablon ini lumayan banyak peminatnya dan juga memiliki tingkat ketahanan yang lumayan lama karna sablon yang dapat meresap dengan sempurna hingga ke serat kain.

Artikel terkait : definisi kengkap tentang sablon rubber

4.Tidak perlu menggunakan transfer peper

Transfer peper adalah selembar kertas tipis yang di lapisi lilin dan pigmen. Dibanding sablon digital lain, sablon dtg tidak memerlukan transfer peper dalam proses pengerjaannya yang dimana hal ini bisa menghemat biaya pengerjaan dan sedikit mempercepat waktu.

5.Bagus untuk sablon 1-an

Jika kalian ingin menyablon tapi hanya ingin menyablon 1 pakaian. maka sablon dtg sangat cocok untuk itu, karna kebanyakan jasa sablon dtg tidak membatasi minimum jumlah pakaian yang ingin di sablon, hal ini tentunya salah satu kelebihan yang sangat bagus bagi pengguna sablon ini.

Kekurangan sablon DTG

1.Harga sablon mahal

Untuk proses pengerjaan dengan jumlah pakaian atau baju yang banyak maka itu akan memerlukan biaya yang lebih mahal. Itulah mengapa saya katakan bahwa sablon ini sangat cocok untuk proses pengerjaan 1 atau 2 baju saja untuk menghindari biaya yang cukup besar tersebut.

2.Mesin cenderung rawan rusak

Dibanding sablon manual, kekurangan dari sablon dtg ini terletak pada mesin yang sangat rawan rusak. Jika perawatan mesin nya tidak dijaga maka bisa di pastikan mesin sablon ini akan mudah terkena masalah serta mesin ini harus tetap menyablon pakaian setiap harinya minimal 1 pakaian untuk menghindari kerusakan karna terlalu lama tidak di gunakan.

3.Bahan kain terbatas

Karna menggunakan mesin tentunya kain atau bahan yang bisa digunakan untuk sablon dtg ini terbatas yang artinya tidak semua kain bisa di sablon dengan sablon jenis dtg.

4.Kurannya variasi

Dibanding dengan sablon lain yang memiliki banyak variasi seperti sablon aspalt dan sablon timbul. Sablon dtg ini tidak memiliki variasi sablon sama sekali hal ini dikarenakan proses pengerjaannya yang menggunakan mesin bukan menggunakan tehnik manual.

Jenis bahan atau kain yang cocok untuk sablon DTG

Seperti yang sudah di jelaskan tadi, bahwa tak sembarang kain atau bahan yang bisa di sablon dengan jenis sablon ini, jika salah kain maka akan merusak hasil akhir dari sablon ini dan bahkan hasilnya akan tidak bagus. Salah satu kain yang sangat bagus untuk jenis sablon dtg ini salah satunya ialah kain katun, berikut daftar kain jenis katun yang bagus

Artikel terkait : macam macam jenis sablon dan kain yang pernah ada

Cotton bamboo

Cotton combed

Cotton modal

U.s pima cotton

Cara merawat sablon DTG

Untuk menjaga kualitas sablon tetap bagus dan tahan lama, kalian perlu merawat dan menjaga pakaian dan sablon sesuai ketentuan berikut

Jangan menyikat pakaian

Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian

Jemur dengan posisi terbalik

Pisahkan pakaian yang lain dengan pakaian yang telah di sablon 

Hindari permukaan sablon untuk di setrika

Jangan merendam pakaian terlalu lama

Kesimpulan

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, tak terkecuali sablon yang pastinya di setiap jenis sablon memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Yang bisa membuat sablon tetap awet dan bagus salah satunya dengan cara merawat dengan baik serta sablon lah pakaian kalian sesuai dana yang dimiliki, karna semahal apapun sablon yang di gunakan akan sia sia jika kalian tidak merawatnya dengan baik


Iklan 1

Iklan tengah artikel

Iklan4

Iklan Bawah Artikel