Macam macam jenis sablon dan kalin yang pernah ada

 Macam macam jenis sablon dan kain

Macam macam jenis sablon dan kain

Sablon dan kain memiliki banyak sekali jenis dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda serta ketahanan yang berbeda pula. Dari sekian banyak nya jenis sablon dan kain, terdapat beberapa bahan yang sangat sensitif dan tidak sembarangan menggunakannya.

Untuk memulai bisnis atau usaha pakaian, kalian perlu mengenali berbagai macam jenis sablon dan kain ini supaya produk yang kalian jual memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang ramah di kantong.

Macam macam jenis sablon dan kain ini memiliki tekstur, ketahanan dan kenyamanan yang berbeda beda. Serta ada juga beberapa sablon yang tidak cocok untuk beberapa jenis kain pakaian karna alasan tertentu yang bisa menyebabkan kain menjadi rusak ataupun sablon yang mudah rusak. Oleh karna itu pemilihan sablon dan kain sangatlah harus di perhatikan untuk membuat pakaian lebih bagus dan memiliki kualitas gang baik.

Jenis jenis sablon

Macam macam jenis sablon

1.Sablon rubber

Sablon rubber adalah sablon yang bahan dasarnya adalah karet, karna bahan bakunya adalah karet maka sifatnya menutupi permukaan kain atau pakaian dan bisa mengikuti pergerakan kain alias memiliki tingkat kelenturan yang bagus.

2.Sablon plastisol

Jenis sablon ini memiliki kesan warna yang cenderung terang serta memiliki benyak berbagai jenis warna. Kekurangan dari sablon jenis plastisol ini adalah sangat sensitif terhadap hawa panas yang artinya gampang terkelupas bila terkena panas yang berlebihan contohnya bila terkena setrika maka sablon yang menempel dari pakaian akan mengelupas.

3.Sablon DTG

Sablon dtg atau direct to garment adalah sablon yang di cetak atau di produksi oleh mesin khusus tanpa perlu banyak bantuan secara manual. Karna proses produksinya menggunakan mesin jadinya sablon dtg ini bisa di cetak dengan berbagai jenis warna dengan sangat cepat

4.Sablon plasticharge

Sablon jenis ini memiliki desain yang lumayan bagus serta warna yang tajam yang membuat sablon plasticharge ini bisa di terapkan di berbagai banyak kaos.

5.Sablon aspal (asphalt)

Sablon aspal memiliki tekstur yang timbul serta cukup lumayan tahan lama. Dinamakan aspal karna warnanya yang hanya terpaku ke satu warna dan warnanya dominan seperti aspal.

6.Sablon reflektif

Jika kalian berminat dengan sablon yang bisa memantulkan cahaya maka sablon jenis ini sangatlah saya rekomendasikan. Sablon refleksi ini adalah salah satu sablon yang sifatnya bisa memantulkan cahaya mulai dari sinar matahari maupun lampu.

7.Sablon polyflex

Sablon polyflex memiliki berbagai jenis, dengan harga yang terjangkau namun hasil yang bagus serta tahan lama membuat sablon jenis ini banyak di beli orang untuk usaha sablon satuan maupun banyak. Sablon polyflex memiliki banyak sekali pilihan warna dengan harga yang terjangkau serta ketahanan yang kuat. Penerapannya pun juga sangat mudah dan cepat, Namun kalian jangan menyetrika langsung sablon ini karna akan mudah mengelupas 

8.Sablon photopia

Sablon ini adalah sablon screen berbasis air dengan sifat yang bisa berubah warna tergantung cahaya yang menimpa sablon ini alias bisa berubah ubah seperti bunglon.

9.Sablon thermoflex

Sablon yang timbul serta warna yang di hasilkan lebih terang dan cerah. Dengan menggunakan material cutting dan thermo transfer paper.

10.Sablon chromicolor

Adalah salah satu sablon yang warnanya bisa lebih cerah saat diusap dan akan kembali lagi ke warna semula setelah Beberapa waktu. Sablon ini cukup di minati dan lumayan laris di pasaran.

11.Sablon kaviar (caviar)

Sifatnya yang timbul tak beraturan dengan bercak bercak seperti tetesan air membuat sablon jenis ini sangat unik. meski bentuknya tak beraturan, sablon ini tetap bagus.

12.Sablon glitter

Dengan efek yang menyala dan gemerlap membuat sablon ini terkesan menarik dan unik. Dengan perpaduan kain yang baik maka hasil dari perpaduan tersebut akan bagus dan terlihat lebih elegan.

13.Sablon pigmen

Sifat dari sablon ini meresap ke dalam serat kain atau pakaian. Sablon jenis ini tidaklah cocok di terapkan ke pakaian atau kain berwarna gelap karna tidak mampu mengalahkan karakter warna pakaian tersebut. Direkomendasikan sablon ini untuk di terapkan ke pakaian yang terang atau memiliki warna yang cerah.

14.Sablon foam/puff

Sablon ini sifatnya timbul dan lembut seperti kumpulan bulu yang di cetak. kelemahannya ialah tidak bisa di setrika langsung karna akan merusak sifat dari sablon jenis foam ini.

15.Sablon foil

Jenis sablon foil ini menggunakan lapisan kertas logam serta memiliki sifat warna yang cenderung mengkilap seperti emas.

16.Sablon high density

Sablon ini memiliki sifat yang sedikit tebal dan timbul serta bisa menciptakan efek tiga dimensi dan hasilnya pun juga sangat bagus, halus serta rapat.

17.Sablon discharge

Jenis sablon discharge memiliki sifat yang meresap kedalam kain pakaian yang nantinya akan mengubah warna benang sesuat tinta sablon.

18.Sablon glow in the dark

Bisa dibilang bahwa nama sablon ini mewakili sifat dan keunikan yang sangat berbeda dengan jenis sablon lain. Yah, sablon ini akan menyala jika berada di tempat gelap dan merupakan sablon yang lumayan tahan lama.

19.Sablon flocking

Bahan utama sablon ini adalah serbuk atau bubuk pewarna yang nantinya akan menimbulkan efek bulu bulu halus yang timbul di atas permukaan pakaian atau kain.

Jenis jenis kain

Macam macam jenis kain

1.Kain katun

Siapa yang tidak tahu dengan kain katun, dengan daya serap keringat yang baik membuat kain ini sangat di minati oleh pencinta olahraga karna sifatnya tersebut. Terbuat dari bahan serat kapas yang membuat kain jenis ini banyak di bilang tahan lama.

2.Kain linen

Kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami, kain ini juga memiliki karakteristik yang bagus. Dengan tekstur yang halus membuat harga dari kain linen ini menjadi mahal.

3.Kain denim

Denim adalah kain yang di kenal dengan jaket nya, kain denim memiliki daya tahan yang lama dan kuat serta tebal yang membuat kain ini banyak peminatnya.

4.Kain drill

Terbuat dari teronon, rayon dan polyester membuat kain ini terlihat sama dengan kain katun namun berbeda dari sisi ketebalannya alias lebih tebak dari kain katun dan juga kain linen.

5.Baby canvas

Termasuk ke dalam kain canvas, baby canvas memiliki karakter yang kuat serta tebal membuat kain jenis ini cukup populer di kalangan masyarakat.

6.Kain taffeta

Kain taffeta adalah salah satu kain tenun yang umumbanya terbuat dari kombinasi bahan poliester. Salah satu siri dari kain ini adalah tipis, mengkilap dan mengkilau. Kain ini populer sebagai kain pelapis.

7.Kain tweed

Bahannya yang kaku, tebal dan hangat membuat kain ini cocok untuk pakaian. Pembuatannya biasanya di tenun dengan benang yang memiliki warna berbeda beda untuk membentuk pola atau gambar tertentu.

8.Kain cashmere

Sifatnya yang halus dan lembut membuat kain ini sangat cocok untuk di gunakan sebagai pakaian karna terbuat dari kambing pashmina dan kambing kasmir alias terbuat dari bahan alami.

9.Kain viscose

Bagi kalian yang suka menggunakan pakaian yang halus dan adem, maka kain viscose sangat saya rekomendasikan karna terbuat dari bahan organik asli buatan manusia yang membuat sifat kain ini terasa seperti kapas.

10.Kain rayon

Kain ini memiliki karakteristik yang yang lembut dan licin, sifatnya yang mudah menyerap keringat membuat kain ini sangat cocok untuk berbagai kondisi dan cuaca. Serta memiliki sifat sintetis karena serat dari kain rayon terbuat dari bahan polimer organik.

11.Kain jersey

Salah satu kain yang cocok untuk di gunakan sebagai pakaian olahraga karena memiliki karakteristik yang halus, lembut namun mudah melar. Selain itu kain jersey bisa menyesuaikan bentuk tubuh alias bisa menyatu dengan tubuh, cocok juga untuk menunjukkan badan kalian yang berotot.

12.Kain twiscone

Hampir mirip dengan kain sifon, namun yang membedakannya ialah kain ini lebih tebal. Terbuat dari bahan serat alami ataupun buatan, kain ini kebanyakan di buat menjadi busana terlebih lagi busana wanita karna sifatnya yang tidak tembus pandang.

13.Kain rajut

Kain yang terbuat dari benang yang saling terhubung dengan tehnik rajutan. Sangat cocok di pakai bila cuaca dingin dan pengguna bisa bergerak dengan nyaman dan mudah karna sifatnya yang fleksibel.

14.Kain sifon

Banyak di buat menjadi pakaian formal dan bida dibilang licin. Terbuat dari sutra, nilon, katun dan rayon. Sifatnya yang tidak mudah menyerap keringat tentunya tidak cocok untuk kalian yang mudah sekali berkeringat.

15.Kain brokat

Salah satu kain yang sangat cocok untuk di buat kebaya atau pakaian penting lainnya, dengan beberapa sulaman bisa membuat kain ini tampak menawan dan sangat bagus di jadikan pakaian kebaya.

16.Kain wool

Dengan karakteristiknya yang tebal dan elegan, kain ini banyak di gunakan sebagai pakaian untuk menghangatkan badan dan banyak juga di buat menjadi jaket serta sangat cocok untuk di kenakan saat musim dingin karna bisa menghangatkan tubuh dengan baik.

17.Kian velvet

Dengan permukaan yang sedikit berbulu dan halus membuat kain yang satu ini tidak bisa di setrika secara langsung karena akan merusak kain. Terbuat dari serat sintetis atau alami dengan sifatnya yang lembut.

18.Kain sutra

Pasti sudah banyak yang mendengar nama dari kain ini. Yah, dengan tampilan yang terkesan mahal dan mewah karena bisa mengkilap secara natural, karena terbuat dari kepompong ulat sutra. Namun kain ini sangat mudah sobek.

19.Kain suede

Memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kulit karena terbuat dari kulit binatang bagian dalam dan memiliki sifat yang fleksibel dan nyaman saat di gunakan.

20.Kain polyester

Terbuat dari benang atau serat polyester, dengan sifat yang tidak mudah menyerap keringat membuat kain ini tidak cocok bagi kalian yang mudah berkeringat.

21.Kain organza

Salah satu kain yang ringan dan memiliki sifat yang sangat menerawang dan kaku karna terbuat dari serat twist dan ditenun. Kelebihannya ialah bisa memantulkan cahaya dan bisa mengkilap.

22.Kain lycra

DIsebut sebagai bahan spandeks dan sering di gunakan sebagai pakaian olahraga karena memiliki tingkat elastisitas yang tinggi.

23.Kain kulit

Disebut sebagai kain kulit karena terbuat dari kulit asli dan bahan kulit tersebut beragam alias tidak terpaku ke satu jenis kulit. biasanya banyak di gunakan sebagai jaket, sandal bahkan sepatu.

Itulah beberapa macam jenis kain dan balon yang ada. Kalian bisa mempelajari lebih dalam tentang kain dan sablon tersebut karna saya hanya memberikan daftar saja tanpa desktripsi yang panjang sebab itu sangat panjang dan tentunya melelahkan.



Iklan 1

Iklan tengah artikel

Iklan4

Iklan Bawah Artikel